$type=slider$rm=0$sn=0$count=5$va=0$cat=0$mt=0$show=home

MENEBAK HASIL PILPRES AS 2016

Menebak hasil Pemilihan Presiden Amerika Serikat tahun 2016 bukan pekerjaan mudah, sebab kontestasi politik selalu mengandung banyak kemungkinan dan berbagai macam pengecualian, tapi kita juga perlu ingat, menebak hasil Pilpres AS itu bukan hal mustahil, faktanya banyak orang telah berhasil melakukannya.

Prediksi Jangka Panjang

Jauh sebelum debat pertama Pilpres AS dimulai, seorang profesor ilmu politik dari Universitas Stony Brook, Helmut Norpoth telah memprediksi hasil Pilpres yang akan digelar 8 November nanti. Ia mendasarkan prediksi jangka panjang tersebut pada apa yang disebutnya sebagai the primary model.

Model  yang ditawarkan Norpoth ini menyajikan perkiraan jangka panjang hasil pemilu berdasarkan sejarah Pilpes AS, ditambah performa kandidat dalam pemilihan pendahuluan awal. Secara khusus, model ini menggunakan suara dari dua Pilpres AS terakhir (2008 dan 2012) serta jumlah dukungan calon dalam pemilihan pendahuluan sebagai variabel prediktor dalam model regresi linear, yang telah diperkirakan berdasarkan data dari semua pemilihan presiden sejak tahun 1912.

Sejak diperkenalkan pada tahun 1996, model ini dengan beberapa modifikasi telah berhasil meramalkan hasil Pilpres AS sebanyak 5 kali. Dengan menggunakan model tersebut Helmut Norpoth meyakini bahwa Donald Trump akan menang dalam Pilpres AS tahun ini dengan suara 52,5 persen, berbanding dengan Hillary Clinton 47,5 persen.

Prediksi Jangka Pendek

Namun, prediksi jangka panjang yang dilakukan oleh Norpoth di atas, bertentangan dengan prediksi jangka pendek (sementara) dari berbagai lembaga survei. Harian Kompas (28/9/2016) di halaman 8, menyajikan data jajak pendapat rata-rata beberapa “popular vote” dalam persen: per tanggal 26 September 2016, Hillary Clinton masih unggul dengan angka 47,33 persen, dan Donald Trump menempel ketat dengan angka 46 persen.

Akan tetapi, dalam data yang sama, ada hal yang menarik untuk diperhatikan lebih lanjut. Pada bulan Juli tahun lalu, Trump hanya mendapat 33,7 persen, sedangkan Hillary 53,3 persen. Hal ini menunjukkan bahwa selama 14 bulan terakhir ini, trend dukungan terhadap Trump di jajak pendapat justru meningkat, berbanding terbalik dengan yang terjadi pada Hillary.

Dari kecenderungan trend yang berubah dalam jajak pendapat jangka pendek ini, kemungkinan besar hasil jajak pendapat di bulan November nanti akan sama dengan prediksi jangka panjang yang dilakukan oleh Norpoth. Mengapa bisa demikian? Sebab, pengalaman menunjukkan, dalam dua Pilpres AS terakhir ini, hasil prediksi jangka pendek tidak bertentangan dengan hasil prediksi jangka panjang.

Nate Silver dari fivethirtyeight.com, salah satu tokoh yang masyhur dengan prediksi jangka pendek, memprediksi dengan tepat dua hasil Pilpres terakhir. Silver memprediksi Obama akan mengalahkan McCain pada Pilpres tahun 2008. Selanjutnya, di Tahun 2012, Silver juga memprediksi Obama akan unggul dibanding Romney. Prediksi Nate Silver dan hasil pemungutan suara dalam kedua pemilihan itu tidak berbeda jauh. Begitu pula dengan prediksi jangka panjang yang dilakukan oleh Norpoth. Bedanya, Norpoth selalu melakukan prediksi di bulan Januari-Maret dan konsisten dengan prediksinya, sedangkan Nate Silver mulai memprediksi hasil pada bulan Juni dan selalu memperbaharui prediksinya setiap saat, hingga hari pemilihan tiba di bulan November.

RUU JASTA dan Sinyal Kemenangan Trump

Selain Nate Silver dan Helmut Norpoth, ada pula Allan Lichtman yang mengembangkan sistem 13 kunci menuju Gedung Putih sejak 30 tahun silam. Lichtman memprediksi bahwa Trump akan unggul dalam Pilpres AS tahun 2016. Hal itu tidak didasarkan pada hasil jajak pendapat, pergeseran demografis maupun opini pribadinya. Sistem 13 kunci merupakan serangkaian variabel yang bisa menunjukkan apakah kepresidenan akan berganti partai atau tidak. Menurut Lichtman, Pilpres Amerika pada dasarnya merupakan putusan atas performa partai yang saat ini menduduki Gedung Putih. Maka dari pendapat ini, baik debat maupun kampanye tidak akan berpengaruh signifikan terhadap hasil Pilpres.

Menariknya, beberapa hari lalu, Kongres AS melalui voting menolak veto Presiden Obama dalam Rancangan Undang-Undang Keadilan Melawan Pendukung Terorisme (Justice Against Sponsors of Terrorism Act/JASTA). Hal ini berarti, Kongres AS menyetujui RUU JASTA yang memungkinkan tuntutan sebagai hukuman bagi negara yang mendukung terorisme di wilayah AS seperti Arab Saudi dalam kasus 9/11. Keputusan Kongres AS dalam RUU JASTA ini, nampaknya bisa memverifikasi prediksi dari Lichtman, bahwa performa partai berkuasa saat ini tidak memuaskan banyak pihak dan orang-orang mulai menginginkan perubahan.

Unggulnya Trump dalam prediksi Norpoth dan Lichtman, mesti kita jadikan bekal untuk memperkirakan hasil Pilpres AS pada tanggal 8 November nanti, sebab dengan begitu, sebagai negara yang punya banyak kaitan dengan AS, kita bisa menyiapkan diri, menghadapi pergantian kekuasaan di Amerika beserta perubahan-perubahan kebijakan yang muncul setelahnya.

OLEH: AZWAR ASWIN

Amerikanis. Alumnus Program S-2 Kajian Wilayah Amerika, Universitas Indonesia.

(Tulisan ini dibuat pada tanggal 30 September 2016 dan dikirimkan ke desk opini Kompas di hari yang sama. Tanggal 3 November desk opini Kompas mengembalikan tulisan ini kepada Azwar Aswin melalui surel. Desk opini Kompas menyatakan bahwa tulisan ini tidak dapat dimuat di harian Kompas.)

COMMENTS

Nama

AHMAD HUSAIN,1,AZWAR ASWIN,1,BERITA,3,FARID WADJDY,2,GALERY,7,JASTIS ARIMBA,1,KABAR KPMKT,4,KEGIATAN KPMKT,4,KPMKT,5,NURHALIMA,1,OPINI,4,SULTHAN,1,SURYA DARMA,1,
ltr
item
KPMKT CABANG JAKARTA: MENEBAK HASIL PILPRES AS 2016
MENEBAK HASIL PILPRES AS 2016
https://3.bp.blogspot.com/-KFldHG9DLLM/WEr4lwdysDI/AAAAAAAABA0/7snmLG47RAoiXbl9fOxk24wWJIMuknb_gCLcB/s320/AZWAR%2BASWIN.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-KFldHG9DLLM/WEr4lwdysDI/AAAAAAAABA0/7snmLG47RAoiXbl9fOxk24wWJIMuknb_gCLcB/s72-c/AZWAR%2BASWIN.jpg
KPMKT CABANG JAKARTA
http://www.kpmktjakarta.or.id/2016/12/menebak-hasil-pilpres-as-2016.html
http://www.kpmktjakarta.or.id/
http://www.kpmktjakarta.or.id/
http://www.kpmktjakarta.or.id/2016/12/menebak-hasil-pilpres-as-2016.html
true
5094844662296713336
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy